Minggu, 17 Februari 2013

Menjadi Diri Sendiri Secara Alami




Sebagai orang tua harus mendorong anaknya untuk menjdi dirinya sendiri,  bukan replica orang lain. Menjadi dirinya sendiri dengan karakter, spesifikasi, dan kecendrungan yang lahir alami dari dirinya, bukan bentukan orang lain. untuk bisa menjadi diri sendiri, membutuhkan banyak  hal. Orang tua sebainya memberikan masukan dan arahan kepada anaknya agar melakukan hal-hal berikut 

A.      Berani memilih
Hidup ini adalah pilihan. Ibarat memilih seorang istri. Kalau sudah memilih, maka kita harus mengalahkan yang lain. Pilihan harus satu. Setelah itu, kita harus berkomitmen untuk menjaga sutuhnya.Dalam kehidupan ini ada sekian banyak pilihan. Agar hasilnya maksial sampai betul-betul professional, maka memilih salah satu yang disukai. Hidup dengan melakukan hal yang disukai akan membuat semangat hidup.
  
B.      Siap Menerima resiko
Kalau sudah memilih, berarti harus siap menerima resiko, karena mengorbankan yang lain. Mungkin orang lain tidak suka dengan pilihan kita, tapi kita harus yakin dan percaya diri dengan pilihan kita.
Oleh karena itu sebelum memilih kita harus melakukan perenungan dulu. Minta petunjuk dari Allah. Tidak cukup hanya itu, kesungguhan, keuletan, keseriusan dan konsentrasi penuh terhadap apa yang sudah kita pilih. Melangkahlah, jangan raru dengan apa yang sudah dipilih hadapi segala persoalan dengan kearifan, bijaksana dan penuh tanggung jawab.
C. Brtanggung Jawab
Setiap pilhan tidak selalu mulus,  dalam perjalanan akan menemukan sebuah belokan, rintangan, tantangan dan segudang problem yang dihadapi. Namun semakin banyak rintangan, tantangan, maka potensi kesuksesan akan terbuka lebar, karena sudah teruji.
Orang yang sukse biasanya tidak luput dari rintangan, tantangan, problem yang dihadapi. Orang yang mnyikai rintangan dan tantangan akan semakin kreatif menemukan hal-hal baru.
Orang yang bertanggung jawab bukan berarti menyalahkan orang lain, tetapi orang yang  ertanggung jawab adalah kreatif mengembangkan diri dan membuktikan kepada orang lain bahwa  pilihannya tidak salah. Selain itu bertanggung jawab berarti juga mampu member inspirasi kepada orang lain dengan kesuksesannya
.
D.  Loyalitas.
Loyalitas adalah Kesetiaan memilih sebuah jalan hidup. Orang yang loyal tidak akan terpengaruh oleh hal-hal luar yang sifatnya pragmatis dan oportunistik. Ia konsisten dengan apa yang sudah menjadi pilihannya. Ia paham bahwa gebyarnya dunia sering kali menguburkan cita-cita yang mulia.ia pahamm kesuksesan membutuhkan waktu yang lama dan penuh godaan dan tantangan.
E. Totalitas
Totalitas berarti menyerahkan sepenuh jiwa untuk mendalami apa yang sudah kita pilih. Totalitas mengharuskan konsentrasi jiwa raga, waktu,pikiran dan tenaga untuk mendapatkan bidang yang dipilih. Jangan melangkah setengah-setengan. Masuki sedalam-dalamnya, untuk mengetahui esensi mutiara dan emasnya.
F.Idealis
Orang idialis akan mencurahkan segalakemampuan untuk menggapai impiannya nsekuat tenaga.Tidak membiarkan sampai besok apa yang dapat dikerjakan hari ini.
G. Mencari lingkungan yang kondusif
Kita harus bias melihat diri kita sendiri, dimana sebaiknya kita bertempat tinggal agar bias menunjang kegeniusan potensi kita, sebab dengan memilih tempat yang tepat, perkembangan dan dinamika kita akan berjalan dengan cepat, progresif dan kompetitif.
H. Berorientasi Sosial
Akhirnya , orang yang genius dan sukses adalah orang yang mempersembahkan potensi besarnya demi kesejahtraan, ketentraman, kemajuan dan kebahagiaan orang lain. Ia tidak egois, ia curahkan segala kemampuan yang dimiliki.

Daftar Pustaka
Asmani, Jamal Ma’mur.2009. Mencetak Anak Genius. Jogjakarta : Diva Pres
Izzuddin, Solikin Abu.2007. Mendidik Kader Serba Bisa. Solo. Bina Insani Pres
Harefa, Andreas.2003. Mematahkan belenggu Motivasi, Membangkitkan Energi Penggerak Sumber Daya Manusia. Jakarta : Gramedia

Tidak ada komentar: