Kamis, 14 Februari 2013

Jujur - Pembohong


Jujur Pembohong
Anda  seorang yang jujur apa pembohong ?
Tes diri Anda dengan  “TES PERSONALITI “ di bawah ini !

Syarat : 
1. Usia Anda minimal 17 ke atas
2. Pendidikan minimal SMP
3. Harus dijawab semua dengan jujur
4. Lakukan tes ini dengan cepat, spontan, tanpa piker
5. Jawablah pertanyaan berikut dengan positif (+) bila sesuai dengan Anda, atau negative (-)  
    bila tidak sesuai  dengan Anda.
Selamat mencoba !
(……) 1.   Pernah terpikir dalam pikiranku tentang sesuatu yang buruk untuk dibicarakan.
(……)  2.   Kadang-kadang aku mengumpat caci.
(……)  3.   Aku tidak selalu mengatakan hal yang sebenarnya.
(……)  4.   Aku tidak membaca setiap editorial surat kabar setiap hari.
(……)  5.   Aku kadang-kadang marah.
(……)  6.   Apa yang dapat aku kerjakan hari ini, kadang-kadang aku tunda sampai besok.
(……)  7.   Bila aku sedang tidak enak badan, kadang-kadang aku mudah tersinggung.
(……)  8    Sopan santunku di rumah tidak sebaik seperti jika bersama orang lain
(……)  9.   Apabila aku dapat masuk bioskop tanpa bayar, dan yakin tak seorangpun melihatnya, mungkin aku akan melakukannya.
(……)  10. Aku lebih senang menang daripada kalah dalam suatu permainan
(……)  11. Aku ingin mengenal beberapa orang penting, karena dengan demikian aku merasa menjadi orang pentig juga.
(……)  12. Tidak setiap orang yang kukenal, kusukai.
(……)  13. Kadang aku mempergunjingkan orang lain ( Gosip ).
(……)  14. Kadang dalam pemungutan suara, aku berikan suaraku pada orang kurang kukenal.
(……)  15. Sekali-kali aku tertawa terbahak-bahak mendegar lelucon yang jorok.

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban berikut. Berilah nilai 1 jika sesuai kunci jawaban , beri nilai 0 jika tidak sesuai kunci jawaban !
(+) 1    (+) 2           (+) 3        (+) 4        (+)5         (+)6         (+)7         (+)8
(+)9     (+)10          (+)11      (+)12      (+)13      (+)14      (+)15
Sangat tinggi
Tinggi
Rata-rata
Rendah
Sangat rendah
14-15
13-9
8-6
5-3
< 3

Sangat Tinggi
Kejujuran Anda sangat berbahaya. Anda terlalu berterus terang dan membuat orang lain tidak senang. Sekali kali berkata yang tak benar, atau menutupi hal yang tak perlu diketahui orang, sangat perlu. Meskipun anda merasa orang yang jujur dan independen, berani mengambil resiko, tidak konvensional, akan tetapi anda agaknya kurang menghormati norma masyarakat.
Tinggi
Dari segi kejujuran dalam tes ini anda sangat jujur, terutama pada diri sendiri. Anda termasuk berani mengemukakan kejujuran dan kekurangan, yang walaupun pada akibatnya akan merusak  diri sendiri. Kejujuran itu baik tetapii jujur tanpa reserve, akan membuat orang lain tak senang pada anda. Kepolosan untuk mengemukakan hal-hal yang buruk bagi diri, keluarga, tempat kerja dsb,kadang tidak akan menguntungkan anda.
Rata-rata
Kejujuran anda sesuai dengan yang dikehendaki masyarakat, anda memag jujur, dan dianggap jujur, karena itu anda sesekali berbohong juga. Itulah kejujuran anda. Dalam hal ini masyarakat akan menilai anda adalah bijaksana.
Rendah
Kawan – kawan anda sering meragukan kejujuran anda. Anda tidak ingin dikatakan pembohong, akan tetapi dari apa anda kemukakan, banyak hal dimana anda berbohong. Ketidak jujuran ini mungkin akan anda bawa  pada banyak hal sehingga orang kurang percaya pada anda..
Sangat rendah
Ada beberapa hal yang mungkin terjadi bila nilai anda serendah ini, 1) mungkin anda tidak mengerti Bahasa Indonesia. 2). Anda politikus yang lihai. Jika anda bukan yang kedua-duanya, cobalah renungkan sekali lagi, apakah anda mencoba untuk jujur atau memang memperlihatkan sikap yang tak jujur. Dalam hal ini sebaiknya anda lebih jujur terutama pada diri sendiri. Manusia memang banyak mempunyai kelemahan. Cara mengatasi kelemahan bermacam-macam, dan salah satu yang anda lakukan adalah dengan berbuat seolah-olah anda baik dan jujur, padahal menurut tes ini anda adalah orang yang paling tidak dapat dipercaya.

Sumber : Iskandar, Yul.2003.Tes personaliti. Jakarta.: Dharma Graha Group





 

Tidak ada komentar: